Suku Amazon Yang Tidak Terjamah

Rio De Janeiro – Pemerintah Brasil memastikan keberadaan suku baru tak terjamah di hutan hujan Amazon. Diperkirakan ada 68 populasi terisolasi di sana.

Sebanyak tiga pembukaan lahan besar teridentifikasi satelit. Namun seperti pernyataan National Indian Foundation (Funai), keberadaan populasi itu baru benar-benar terverifikasi setelah pesawat ekspedisi yang terbang April lalu berhasil mengumpulkan data.

Badan pemerintah itu menggunakan pesawat guna menghindari agar tidak menganggu kelompok terisolasi itu. Brasil memiliki kebijakan untuk tidak mengontak suku semacam ini. Gantinya, pemerintah akan berupaya mencegah invasi daerah itu guna melindunginya.

Funai memperkirakan ada 68 populasi terisolasi hidup di Amazon. Suku terbaru yang berhasil diidentifikasi diperkirakan berjumlah 200 individu dan hidup dalam empat gubuk jerami besar dan hidup dari menanam jagung, pisang, kacang dan panen lain.

“Mengidentifikasi dan melindungi suku ini merupakan bagian kebijakan umum Brasil. Untuk memastikan suku semacam ini butuh bertahun-tahun penelitian,” ujar koordinator ekspedisi Fabricio Amorim.
Sejauh ini, 11% dari wilayah Brasil dan 22% wilayah Brasil diketahui menjadi tempat hunian bagi suku-suku tak terjamah.

Perihal diofebrilian7
always curious

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: